Senin, 28 Desember 2015

Tak Selamanya Berjalan Mulus

Hari ini adalah salah satu hari yang berharga untuk saya. Sebuah pelajaran lagi.
Profesi ini benar-benar istimewa bagi kami para pendamping persalinan.. Disebut sebagai bidan.. Doula.. Atau Dokter kandungan... Profesi ini sangat berharga bagi kami.
Malam ini Ny. D, usia 33 tahun melahirkan putra keduanya dengan sangat mudah dan "cepat" (dalam artian sebenarnya). Saya hanya bisa berucap subhanallah... Saat saya datang, bayi sudah lahir dengan bidan senior saya. Jadi tinggal placentanya yang belum lahir. Seperti standart prosedur persalinan, saya menginjeksikan obat penguat kontraksi untuk membantu pengeluaran placenta dan mencegah perdarahan. 15 menit berlalu dan placenta masih belum bisa lahir. Standart prosedur sudah kami laksanakan hingga akhir prosedur sisa placenta masih belum bisa lahir. Dan prosedur rujukan kami kerjakan.

Apakah yang jadi pelajaran dari kejadian ini?
Kaji apakah persalinan sebelumnya bermasalah.
Kaji bagaimana riwayat kehamilan sebelumnya dan kehamilan ini.
Selalu siap untuk prosedur emergency.
Tingkatkan skill dan tetaplah tenang di kondisi apapun.
Tenang namun tindakan harus tepat.
Berkomunikasilah dengan klien dan keluarga.
Lakukan kolaborasi dengan rekan sejawat.

Lalu, apakah yang menjadi penyebab tidak lahirnya placenta/ ari-ari?
Baca posting berikutnya ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar