Sabtu, 26 Desember 2015

Beberapa Tips Nutrisi Ibu Hamil

Berikut beberapa tips nutrisi ibu hamil:
1. Stop makanan kaleng/ berpengawet
2. Stop soda
3. Stop mie instant
4. Stop susu kedelai (nanti saya ulas tentang kedelai)
5. Stop konsumsi alkohol
6. Stop dan jauhi asap rokok
7. Perbanyak konsumsi sayur organik yang berwarna
8. Perbanyak konsumsi ikan segar, laut dalam
9. Konsumsi produk makanan probiotik
10. Konsumsi beras merah
11. Perbanyak konsumsi aneka macam kacang
12. Susu, saya anjurkan susu segar pasteurisasi, jika susu kambing boleh raw/ mentah
13. Air putih 2-3 liter
14. Konsumsi cukup buah
15. Minim gula, cukup garam

Contoh buah dan sayur yang sangat baik bagi ibu hamil: bayam hijau/ merah, beet root, kangkung, buncis, kol ungu, jeruk, tomat, semua jenis sawi, daun pepaya, daun singkong, kelor, pepaya, kale, melon, lettucee, kacang panjang, wortel, pakis, kailan, katu, kecambah dll. Pastikan buah dan sayur minim atau bebas pestisida. Jika tidak yakin, sebelum dipotong, saat dicuci, cucian terakhir rendam sebentar dalam air yang telah diberi setengah sendok teh cuka apel atau cuka kombucha. Setelah itu bilas bentar dan potong-potong. Aman dikonsumsi raw/ mentah.

Tentang kedelai. Pastikan siap mengengar informasi ini. Hehee... Sambil cari lagi referensinya. Kedelai dan GMO sudah bukan rahasia umum. GMO adalah teknologi pada bahan jenis makanan yang sudah direkayasa genetikanya agar produksinya berlimpah dan tahan hama atau cuaca.
Kedelai dan jagung adalah salah satu jenis bahan pangan yang paling banyak dilakukan rekayasa genetika. Namun hasil yang nampaknya positif ini tidak serta merta tidak diikuti oleh sisi negatifnya. Kedelai GMO memiliki kadar phytoestrogen yang lebih tinggi dibanding kedelai organik. Dia menimbulkan beberapa masalah hormonal bagi yang mengkonsumsinya dalam jangka lama. Kondisi ini akan berkurang saat difermentasi, misal dijadikan tempe. Namun jika tidak difermentasi, kadar phytoestrogen ini akan tetap tinggi. Misal saat dikonsumsi langsung atau dibikin susu kedelai.
Untuk produk tempe, saya lebih menganjurkan tempe kacang atau tempe kacang hijau. Coba ya...
Untuk kelor, daun yang istimewa ini, sangat tinggi nutrisinya. Ini sebenarnya wajib dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Tapi susah banget mencarinya....

Selamat mencoba.

#GMO
#soybean
#tempeh
#kelor
#moringa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar