Minggu, 17 Januari 2016

Apple Cider Vinegar

Kali ini, saya akan berbagi resep cara membuat ACV... Apple cider vinegar.
Resep aslinya:
1/4 cup gula pasir
750-1000 gr apel
700-1000 ml air
Larutkan gula dalam air. Masukkan dlm toples steril.
Cuci bersih apel dan rendam sebentar dalam larutan yang telah diberi sedikit cuka apel atau cuka kombucha. Ini untuk meluruhkan pestisida di kulit apel. Anda dapat menggunakan apelnya, dengan atau tanpa kulit. Setelah direndam agak lama, potong2 apel.
Masukkan apel dalam larutan gula.
Tutup toples dengan kain dan ikat erat dengan karet. Anda juga dapat menggunakan tissue yang kuat dan tutup menggunakan lid toples.
Masukkan toples di lemari yang redup/ gelap. Biarkan dlm suhu ruang selama 4-6 minggu. Jauhkan dari bahan makanan yang beraroma kuat.
Resep modifikasi saya ini adalah eksperimen. Perbedaannya hanya pada larutan perendam. Saya menambahkan gula palm organik dan 1 cup kombucha vinegar.
Tips. Cek rendaman apel. Jika ada yang mengapung, tekan-tekan kembali. Atau anda dapat menggunakan pemberat atau tusuk sate yang telah dipotong sesuai diameter toples dan dipasang melintang agar apel tidak mengapung.
Apple cider vinegar atau cuka apel ini sangat banyak manfaatnya. Dapat digunakan untuk detox, cleasening tubuh, campuran smoothies, cuka masak, tambahan untuk pickle, sauerkraut atau curtido... Bahkan untuk membantu mengkilapkan perabot dapur.
Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar