Minggu, 06 September 2015

Detox

Apaan ya detox?
Detox adalah upaya kita untuk membantu tubuh mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh.
Sebenarnya tubuh kita secara alami mengeluarkan racun atau sisa-sisa metabolisme tubuh melalui urine, pup, keringat dan nafas. Dengan gaya hidup, pola makan yang tidak sehat dan stress yang tinggi, seringkali proses detox ini tidak maksimal. Akibatnya, fungsi tubuh kita akan berkurang daya aktifnya dan timbul dampak berkepanjangan seperti penyakit-penyakit organ dalam tubuh.
Trus apa yang bisa kita lakukan?
Upaya detox ada banyak jalan, antara lain:
1. Clean eating (makan sehat dengan minim pengolahan). Raw food termasuk di dalamnya. Dengan pola clean eating ini, enzim-enzim makanan cenderung tidak rusak dan utuh. Sehingga dapat lebih maksimal bermanfaat bagi tubuh dan mempermudah kerja organ.
2. Konsumsi herbs/ bahan herbal. Kunyit, jahe, lavender, rosemarry dsb sangat mbantu untuk tubuh berdungsi dengan baik dan secara alami membantu memperkuat daya tahan tubuh. Gunakan secara fresh, buat sendiri dan konsumsi secukupnya.
3. Produk fermentasi atau probiotik. Pada awalnya produk fermentasi digunakan hanya untuk mengawetkan makanan dan menambah cita rasa. Namun setelah melalui berbagai penelitian, makanan/ minuman fermentasi ini ternyata sangat bermanfaat. Probiotik sendiri merupakan makanan yang mengandung bakteri baik, yang jika dikonsumsi dalam jumlah cukup akan bermanfaat bagi inangnya. Manfaatnya terutama di sistem pencernaan. Jika sistem pencernaan kita sehat, maka tubuh kita akan menyerap zat gizi makanan dengan baik dan dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh.
4. Air putih. Konsumsi 2-3 liter air putih setiap hari. Lever dan ginjal kita akan sangat happy. Keseimbangan asam basa dan temperatur tubuh diatur oleh air. Jangan takut bakal sering buang air kecil. Ini sangat membantu tubuh mengeluarkan zat sisa dengan cara yang halus (karena ginjal akan bekerja lebih ringan).
5. Air kelapa. Ini adalah heaven water. Konsumsi rutin ya... Makan sekalian dengan dagin kelapa mudanya tidak apa-apa.
6. Garam murni, tanpa tambahan bahan kimia dan pemutih.
7. Minyak nabati, misal vco, minyak zaitun, sun flower dll. Sangat membantu dalam keseimbangan lemak dalam tubuh.
8. Spiritual/ Meditasi.. Tenangkan pikiran dan jadilah bahagia. Ini sangat membantu keseimbangan dan fungsi hormon tubuh secara normal.
9. Olah raga. Melalui olah raga, tubuh akan mengeluarkan keringat disertai zat-zat sisa dalam tubuh. Selain itu organ jantung akan semakin sehat.

Setidaknya jika kita sulit untuk total mengkonsumsi bahan yang total sehat dan bersih, masih suka jajan dan malas... Lakukanlah detox setidaknya 2-3 x dalam seminggu. Kombinasikan beberapa tips di atas biar ga bosan. Dan lakukan dengan senang.

Yuk hidup sehat. Ini adalah pilihan. Kita care dengan tubuh kita dan anak-anak kita apa enggak.
Gabung dengan komunitas kita. #Komunitasngalamsehat dan #greenmommyshop untuk share ilmunya.

Keep calm n be healthy


#lovakefirnkombucha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar