Sabtu, 13 Februari 2016

Hikmah Keluarga

Assalamu'alaykum

Pagi.. Sore... Malam...
Kejadian akhir-akhir ini... Setidaknya setahun ke belakang, benar-benar membuat saya banyak belajar tentang keluarga. Terserah dibilang terlambat atau lola (loadingnya lama 😁)... Tidak masalah.
Tidak perlu bertele-tele menceritakan cerita melow nya, to the point saja pada hikmah yang mungkin bisa saya petik.

Semua berawal dari saya dan adik saya yang... Ibu dan ayah kami bercerai. It's OK. We are OK. Sejak balita permasalahan itu timbul hingga beliau berdua berpisah secara hukum saat saya kelas 4-5 SD. Mulai kami balita, ibu saya bisa dibilang single parent. Jadi sekarang saya benar-benar paham mengapa ibu benar-benar keras kepada kami baik secara fisik maupun mental. Kami dibetuk menjadi perempuan yang harus bisa mandiri dan mensejajarkan laki-laki dengan perempuan. Ibu saya belajar dari kehidupannya yang keras.
Kasih sayang ibu benar-benar tak terbalas... Subhanalloh...
Namun sosok Ayah, bagi saya sangat berarti. Meski goresan negatif membekas di jalan hidup kami, beliau tetap sosok Ayah di hati saya. #Senyum

Hingga saya dan adik saya menikah. Perjalanan pernikahan kami ternyata sama-sama tidak seputih salju. Tidak tanpa cela. Namun, kehidupan keluarga membuat kami belajar banyak. CINTA. Maaf dan memaafkan. Salah Benar, itu tidak absolut. Kasih sayang. Perduli. Hati. Belajar. Ikhlas. Taat. Menghormati. Keluarga. Diam. Doa. Arti pelukan. Sabar. Marah. Sakit. Percaya. ANAK-ANAK. Iya.. Anak-anak. Mereka adalah pengobat luka dan perekat dalam keluarga.. Mereka selalu ajaib.

Sungguh Alloh memberikan nikmat cobaan atau ujian dalam bentuk apapun... Kesedihan atau beban... Melainkan agar kita belajar dan dihapuskan dosa-dosa kita. Insya Alloh...

Semoga kita semua diberikan kesabaran, cinta, hidayah dan pintu maaf oleh Alloh subhanahu wa ta'alla. Semoga keluarga kita selalu rukun, damai, saling memahami dan maafkan. Semoga anak-anak kita senantiasa dalam penjagaan Alloh dunia dan akhirat. Semoga ibu bapak kita selalu dilimpahi kasih sayang Alloh subhanahu wa ta'alla. Amiin.. Amiin... Yaa Robbal 'allamiin...

#iloveyou

Tidak ada komentar:

Posting Komentar