Jumat, 26 Agustus 2016

Akreditasi Puskesmas 2016

Puskesmas... Dulu sering disebut sebagai tempat berobat orang sakit PUSing KESleo MASuk angin... Nah looh!!!
Sedih sekali kalau masih melihat pandangan miring tentang puskesmas ini. Tapi... Bisa jadi inilah yang memang sebagian besar terjadi. Benar??? Bisa ya bisa tidak. Untuk itulah, adanya standart yang harus menjadi acuan bagi layanan puskesmas sangat diperlukan. Standart ini menjadi pokok penilaian akreditasi bagi puskesmas. Jika telah melalui proses akreditasi ini, maka puskesmas telah terstandart dalam pelayanan maupun sistemnya.
Akreditasi sudah menjadi kebutuhan dan keharusan semua layanan publik, termasuk Puskesmas. Akreditasi bukan ajang pembuktian tumpukan kertas dokumen.. Tapi sesungguhnya adalah perombakan sistem yang terstandart. Semua bukan untuk tampilan fisik semata, namun lebih kepada kepuasan dan keamanan pada pelayanan klien dan petugas sendiri.
Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan dalam Akreditasi. Penuh dengan jerih payah dan pengorbanan, namun semuanya untuk menjadi lebih baik. Butuh kekompakan yang solid, komitmen dan dukungan dari banyak pihak, terutama keluarga besar Puskesmas yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar