Minggu, 18 Oktober 2015

Kefir

Kefir merupakan salah satu produk olahan probiotik yang kaya manfaat dan digemari. Produk ini berdasarkan bahan bakunya ada dua. Masing-masing juga mempunyai grains/ biang yang berbeda.

1. Kefir susu
Kefir ini berbahan dasar susu. Grainsnya adalah grains milk kefir. Grains milk kefir penampakannya seperti butir-butir nasi yang sedikit lengket. Ukurannya bisa lebih besar dan bergerombol. Ini karena SCOBY (synbiotic colony of bacteria and yeast, kumpulan koloni bakteri dan yeast) memiliki jaringan polisakarida yang bisa menggabungkan beberapa koloni, sehingga tampak besar-besar. Ini sebenarnya ada kumpulan koloni bakteri. Memang bentuknya seperti butir-butir (grains). Warnanya putih seperti butir-butir stayrofoam.
Dari grains inilah, produk kefir susu dibuat dari susu segar sapi atau kambing atau kerbau, susu almond, susu kacang mede, susu kedelai dan santan kelapa.
Kefir susu berasa sedikit asam/ asam dengan bau yang khas seperti tape. Rasanya sedikit bersoda.
Pada kefir susu yang biasa saya sebut milk kefir (mk), saat proses fermentasi akan menghasilkan dua bagian hasil, yaitu curd dan whey. Curd teksturnya lebih kental, sticky, tinggi lemak dan kaya nutrisi. Rasanya lebih creamy dan asam. Sementara whey lebih encer, bening (atau sedikit kuning), rasa lebih tidak asam, rendah lemak dan tinggi protein yang mudah diserap oleh tubuh.

2. Water kefir/ kefir air
Bahan dasar dari water kefir (wk) adalah air gula. Dari segi kandungan bakterinya, wk dan mk tidak jauh beda. Yang membedakan adalah kandungan nutrisinya yang jelas mk lebih banyak.
Pada beberapa penggemar diet, coconut wk menjadi favorit karena rasanya yang lebih segar dan rendah kalori.
Hasil fermentasinya bening dibanding dengan mk. Wk dapat divariasi dengan berbagai macam buah. Wk menjadi alternatif sumber probiotik bagi yang kurang menyukai produk susu. Rasanya yang segar dan bersoda dengan variasi warna juga sangat cocok untuk rehidrasi di cuaca yang terik. Seringkali kami menyebutnya dengan minuman detox atau soda alami yang berkhasiat.

Demikian sharingnya, selamat mencoba dan menikmati.. Raih manfaatnya.

#kefir
#milkkefir
#waterkefir
#tibicos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar